Woocommerce Menu

Dermaga sebagai bagian dari Pelabuhan



Aktifitas pada dermaga tidak dapat dipisahkan dari pelabuhan ,karena bangunan dermaga merupakan fasilitas dari pelabuhan. Dermaga digunakan untuk merapat dan menambatkan kapal yang melakukan bongkar muat barang dan menaik-turunkan penumpang.
Di dermaga juga dilakukan kegiatan untuk mengisi bahan bakar untuk kapal, air minum, air bersih, saluran untuk air kotor/limbah yang akan diproses lebih lanjut di pelabuhan.

Jenis-jenis dermaga berdasarkan jenis barang yang dilayani :

1.Dermaga barang umum, adalah dermaga yang diperuntukkan untuk bongkar muat barang umum/
general cargo
keatas kapal. Barang potongan terdiri dari barang satuan seperti mobil, mesin-mesin, material yang ditempatkan dalam bungkus, koper, karung, atau peti. Barang- barang tersebut memerlukan perlakuan khusus dalam pengangkatannya untuk menghindari kerusakan.
2.Dermaga peti kemas, dermaga yang khusus diperuntukkan untuk bongkar muat peti kemas.Bongkar muat peti kemas biasanya menggunakan
crane.
3.Dermaga curah, adalah dermaga yang kusus digunakan untuk bongkar muat barang curah yang biasanya menggunakan ban berjalan (
conveyor belt ). Barang curah terdiri dari barang lepas dan tidak dibungkus/kemas, yang dapat dituangkan atau dipompa ke dalam kapal. Barang ini dapat berupa bahan pokok makanan (beras, jagung, gandum, dsb.) dan batu bara. Karena angkutan barang curah dapat dilakukan lebih cepat dan biaya lebih murah dari pada dalam bentuk kemasan, maka beberapa barang yang dulunya dalam bentuk kemasan sekarang diangkut dalam bentuk lepas. Sebagai contoh adalah pengangkutan semen, gula, beras, dan sebagainya.
4.Dermaga khusus, adalah dermaga yang khusus digunakan untuk mengangkut barang khusus, seperti bahan bakar minyak, bahan bakar gas dan lain sebagainya.

Tag: , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *